Rabu, 30 Januari 2013

Perbedaan antara lensa EF dan EF-S pada CANON


Pernah mendengar istilah EF  atau EF-S dalam lensa / body kamera  brands CANON ?
Jika ya berarti anda memang seseorang yang sudah termasuk fotografer. Entah itu fotografer pemula atau seorang yang ahli. Mengapa demikian ? karena secara tidak langsung anda sudah bisa membedakan seri / macam lensa yang dikeluarkan oleh produsen kawakan tersebut untuk digunakan pada kamera yang anda miliki.
EF yang tertera pada lensa canon mempunyai arti / singkatan dari ELECTROFOCUS. Untuk jenis lensa ini sudah kompatibel dengan body  SLR EOS film (35mm) maupun di EOS Digital. BIasanya untuk lensa / body kamera yang berjenis / mounting ini memiliki ciri yang sangat menonjol yaitu pada body lensa atau kamera mempunyai satu titik berwarna merah.
Sedangkan S yang terdapat pada lensa EF-S merupakan arti singkatan dari SHORT (BACK FOCUS). Maksudnya lensa jenis ini memiliki jarak yang lebih dekat antara lensa dengan sensor. Lensa EF-S ini mempunyai diameter image circle yang lebih kecil daripada lensa EF, didesain khusus untuk DSLR dengan sensor APS-C sehingga lensa EF-S tidak bias dipakai untuk kamera SLR EOS film (35mm) Biasanya untuk lensa / body kamera yang berjenis ini memiliki ciri pada body lensa atau kamera yang ditandai dengan satu buah titik berwarna putih.
Lensa EF dan EF-S pada dasarnya mempunyai mounting yang sama dan juga kontak elektronik yang sama. Bila anda berencana akan memiliki DSLR EOS dengan sensor fullframe seperti EOS 5D mark II, maka anda bisa menggunakan lensa dengan jenis EF saja.
Kesimpulannya :
“Kamera EOS Digital dengan sensor APS-C bisa dipasang dengan lensa yang berjenis EF dan EF-S, tetapi untuk kamera SLR EOS film (35mm) / EOS Digital  dengan sensor yang lebih besar  dari sensor APS-C tidak dapat menggunakan lensa  dengan jenis EF-S, walaupun masuk dan bisa digunakan akan menghasilkan lingkaran hitam di tepi gambar (vignetting) karena diameter lensa EF-S yang lebih kecil dibandingkan lensa EF.”

1 komentar:

  1. maaf baru pemula,,bagaimana cara mengetahui sensor APS-C lbih besar pada kamera terima kasih..

    BalasHapus