Rabu, 20 Februari 2013

Cara BOKEH dengan lensa kit

Siapa bilang lensa kit anda tidak bisa menghasilkan foto-foto yang tajam, bokeh dsb ?
Jika ada seorang fotografer yang bilang tidak bisa, maka itu hanya seorang fotografer abal-abal. Banyak sekali fotografer seorang pemula bisa mengahsilkan foto yang tajam,indah,bokeh hanya dengan berbekal lensa kit. Seorang fotografer yang tidak bisa menghasilkan foto bokeh dengan lensa kit saya rasa bukanlah seorang fotografer sesungguhnya, mengapa demikian ? seorang fotografer yang handal dia akan mampu menciptakan foto yang indah, tajam, bahkan bokeh sekalipun.

Memang untuk menghasilkan foto bokeh yang lebih gampang kita hanya perlu menggunakan lensa yang bukaannya besar (f/1.8, f/1.4 bahkan yang lebih ektrim lagi f/1.2). Dengan lensa bukaan tersebut pasti dijamin bakal menghasilkan foto yang bokeh.

Lalu bagaimanakah caranya jika kita tidak mempunyai lensa dengan bukaan besar tersebut, yang hanya mempunyai lensa kit saja ? begini kawan caranya :
  1. jika anda menggunakan lensa kit ukuran 18-55mm, maka pakailah f/3.5. atau bukaan yang paling besar pada lensa kit yang anda miliki.
  2. jika anda hendak mengambil foto dengan objek yang lumayan kecil atau orang, maka atur agar benda / orangnya tersebut jauh dari benda yang akan anda buat blur / bokeh.
  3. set AF Pointer pada manual
  4. pilih titik AF Pointer pada titik tengah (focusing berada pada titik tengah)
  5. atur sutter speed, ISO, flash (jika dibutuhkan)
  6. tekan tombol rana setengah-setengah sampai anda menemukan objek yang menjadi sasaran anda terlihat tajam, sementara yang lain terlihat blur / bokeh
  7. setelah menemukan yang diinginkan, tekan rana sepenuhnya.
  8. jadi bokeh kan foto anda hanya dengan lensa kit saja.
semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar