Rabu, 20 Februari 2013

Fungsi Butir "AJAIB" silica gel buat kamera / lensa

Pernah mendengar benda yang namanya sillica gel ?
Sillica gel sering digunakan oleh produsen elektronik, fashion, bahkan sampai produsen makanan sekalipun. Pernah melihat sillica gel dalam kemasan / kardus TV, dalam sepatu kulit, bahkan dalam tepung roti ?

Setiap sillica gel yang dimasukan kedalam kemasan tersebut hampir sama tujuannya, yaitu untuk menangkal / menjauhkan parasit / penyakit yang tidak diinginkan. Lalu apakah fungsi / guna sillica gel buat kamera / lensa kita ? 

Sillica gel yang digunakan pada kamera / lensa semata - mata hanya untuk menyerap kelembapan / lembab yang berlebihan. Kelembapan / lembab yang berasal dari cuaca yang terlalu dingin dapat mengakibatkan kamera / lensa kita mudah sekali terkena jamur. Sillica gel bentuknya berupa butiran - butiran kecil yang biasanya berwarna biru ( sillica gel dalam keadaan baik ), sedangkan jika sillica gel telah berubah bentuk ke warna yang lain ( pink, lebih mengarah ke warna merah ) maka sillica gel tersebut sudah harus diganti. Kemasan sillica gel sendiri sangan beragam ada yang dijual dengan cara curah ( tanpa kemasan ), berada dalam kemasan kertas ( berukuran 4mg, 50mg, 100gr dll ) dan ada sillica gel yang dikemas dengan cara elektrik ( jika sudah berubah warna cukup di charge saja untuk mengembalikan ke warna biru ). Semua kemasan tersebut sama fungsinya, yaitu hanya untuk menyerap kelembapan / lembab yang menyebabkan kamera / lensa kita berjamur.





Jamur yang menempel pada kamera / lensa anda yang diakibatkan lembab tersebut sangat berpengaruh pada para fotografer karena akan menghalangi pandangan pada objek yang akan di foto ( jika jamur berada pada viewfinder) dan mengurangi tajamnya sebuah hasil foto ( jika jamur berada pada lensa ).Untuk mensiasati hal tersebut maka para penggila fotografi ( fotografer) mengakalinya dengan menempatkan kamera / lensa kesayangannya tersebut di tempat yang tidak lembab. Yang paling aman biasanya para fotografer tersebut menempatkannya pada DRY BOX. Dimana box tersebut telah dilengkapi dengan higro meter ( berfungsi sebagai monitoring berapa derajat suhu dalam dry box tersebut) yang didalamnya telah diberi sillica gel.

Sillica gel akan berfungsi sangat membentu para fotografer jika penggunaan / penempatannya benar, tetapi justru akan menjadi bencana jika penggunaannya berlebihan. Apa yang akan terjadi jika penggunaanya berlebih ?

Siilica gel yang penggunaanya berlebihan akan mengakibatkan karet yang menempel pada body kamera / lensa anda akan menjadi longgar / melebar. mengapa hal itu terjadi ? 
Sillica gel yang terlalu banyak anda tempatkan pada drybox akan mengakibatkan suhu didalam drybox tersebut menjadi panas karena kelembapan / lembab sepenuhnya telah diserap oleh sillica gel tersebut.

KESIMPULAN :
Jika anda mempunyai kamera dan lensa supaya terhindar dari jamur, maka yang anda harus lakukan adalah menyimpan gear fotografi tersebut dalam ruangan yang CUKUP HANGAT ( tidak dingin dan tidak panas ). Karena penyimpanan kamera / lensa pada ruangan yang dingin ( lembab ) akan mengakibatkan jamuran, sementara penampatan pada ruangan yang panas akan menyebabkan karet - karet yang terdapat pada gear fotografi tersebut akan melar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar