Selasa, 25 Juni 2013

Cara membersihkan sensor kamera DSLR CANON dengan mudah

Pernah melihat hasil foto yang terdapat bintik bintik hitam ? atau melihat hasil foto yang terdapat garis garis hitam menyerupai jaring laba laba ?. Itu merupakan hasil foto para fotografer yang kemungkinan besar sensor kamera DSLRnya terkena debu, jamur, atau benda lain yang menempel pada sensor kamera. Mengapa hal itu bisa terjadi ? jawabnya tentu saja bisa. Seorang fotografer yang kurang merawat kameranya dengan baik (bahkan seorang fotografer yang merawat kameranya dengan baik) pasti hal itu bisa terjadi kapanpun.


gambar diambil dari google

Sensor kamera merupakan salah satu komponen dalam kamera DSLR yang keberadaannya tentu saja sangat menentukan hasil foto para fotografer. Sensor kamera adalah sensor penangkap gambar yang dikenal juga sebagai CCD (Charged Coupled Device) dan CMOS (Complementary Metal Oxide ) yang terdiri dari jutaan piksel lebih. Sensor ini berbentuk chip yang terletak tepat di belakang lensa. Semakin banyak pixel yang ditangkap, semakin detail gambar yang dihasilkan. Jadi karena fungsi daripada sensor ini adalah penangkap gambar, maka jika sensor ini berada pada kondisi yang kotor (berdebu, berjamur), maka hasil foto para fotografernya tentu saja akan kelihatan berbintik hitam atau ada garis hitam berbentuk seperti jaring laba laba.

Lalu  bagaimanakah hal ini bisa terjadi ? Sensor kamera yang terkena jamur atau debu terjadi karena letaknya tepat dibelakang mirror lens, jadi ketika mirror lens bergerak keatas kesempatan ini memungkinkan debu bergerak masuk kedalam sensor kamera. Kemudian kalau sensor yang terkena jamur terjadi karena yang empunya kamera DSLR tersebut kurang berhati hati dalam menyimpan perangkat fotografinya (menyimpan perangkat fotografi tidak di tempat yang kering seperti drybox), jadi kamera berada pada suhu yang lembab.

Bagaimanakah cara untuk membersihkan debu dan jamur yang menempel pada sensor kamera anda ? berikut sedikit tips / cara membersihkannya :
  1. Nyalakan kamera anda
  2. Pilih menu
  3. Pilih sub menu sensor cleaning pada kamera
  4. Pilih clean manually
  5. Pilih OK kemudian tekan SET
  6. Setelah anda melakukan 5 langkah diatas, maka mirror lens kamera anda akan bergerak keatas.
  7. Gunakan blower terlebih dahulu untuk membersihkan debu debu yang menempel pada sensor kamera anda dengan posisi kamera mengarah kebawah (jangan sesekali mengarahkan kamera keatas). Jika debu debu yang disemprot dengan blower masih menempel, maka gunakan cotton bud yang benar benar kering. Usapkan cotton bud tersebut searah saja (jangan mengusapkannya secara dua arah)
  8. Jika yang menempel pada sensor adalah jamur, maka langsung saja gunakan alat pembersihnya cotton bud. Sama seperti membersihkan debu, gunakan cotton bud tersebut hanya searah saja. Setelah itu baru gunakan blower.
Just shared,
semoga bermanfaat
OS | F o t o g r a f i

3 komentar:

  1. kalau jamurnya berada di balik kaca sensorya, imana cara membersihkannya??? mohon jawabannya

    BalasHapus
  2. iya JAMURnya ada di belakang sensor...

    BalasHapus
  3. Kalo kamera mirrorless yg gk ada fitur sensor cleaning gimana

    BalasHapus