Rabu, 27 Maret 2013

Jangan sepelekan jamur pada sensor kamera anda

Pernah dengar kamera jamuran ?
Kamera jamuran atau kamera yang terkena jamur ( akibat dari kamera disimpan pada suhu yang lembab / debu yang terlalu lama menempel pada kamera / terkena cipratan air hujan yang lama mengering ) sungguh sangat mengecewakan buat seluruh para pencinta dunia fotografi ( fotografer ). Mengapa ? kamera yang terkena jamur sangat berpengaruh sekali pada kualitas foto seorang fotografer.

Seorang fotografer yang kameranya sudak terkena jamur di viewfinder misalkan, maka akan terasa sekali kurang nyaman ketika sedang membidik objek foto. Kemudian ketika jamur itu sudah bersarang pada lensa kesayangan anda, maka kualitas foto akan sangat menurun sekali tingkat ketajamannya. Untuk jamur yang sudah menempel pada lensa kesayangan anda ada yang bisa dicleaning ( serabut / titik jamur berada pada bagian belakang, dalam (tengah) dan tidak berada pada tempat / bagian lensa yang di paten ) dan ada juga yang sudah tidak bisa lagi untuk dicleaning ( serabut / titik jamur berada pada bagian depan dan berada di tengah lensa yang di paten ). Selain itu yang paling fatal sekali apabila serabut / titik jamur itu telah bersarang pada sensor body kamera anda.

Serabut / titik jamur yang telah bersarang pada sensor kamera anda akan berpengaruh pada hasil foto anda. mengapa demikian ? karena sensor merupakan salah satu bagian yang penting dalam merekam foto bidikan anda. Lalu apa yang akan terjadi bila Serabut / titik jamur telah bersarang pada sensor kamera anda ? serabut / titik jamur tersebut akan nampak pada hasil foto yang anda hasilkan. contoh hasil bidikan body kamera yang sensornya sudah terkena serabut / titik jamur :

 ilustrasi gambar oleh OS | f o t o g r a f i

ilustrasi gambar oleh OS | f o t o g r a f i

serabut / titik jamur nampak pada bagian pojok kiri dan kanan foto

Lalu apa yang mesti kita lalukan bila kamera kesayangan kita sudah terkena serabut / titik jamur ?
Tentu saja kita harus segera membawa ke "DR.KAMERA REPAIR". Tetapi jika anda seorang yang sudah ahli dalam mengotak atik kamera, saya rasa tinggal dibersihkan saja serabut / titik jamur tersebut.

TIPS untuk mencegah sensor terhindar dari serabut / titik jamur :
  1. Simpan kamera + lensa anda pada drybox dengan suhu yang stabil ( jika kamera + lensa tidak digunakan )
  2. Biasakan dibersihkan kamera + lensa dari debu - debu yang menempel setelah kita hunting foto
  3. Ketika kita membersihkan bagian dalam body kamera dengan blower, KAMERA HARUS DALAM KEADAAN MENGHADAP KEBAWAH MOUNTINGNYA.
semoga bermanfaat,
OS | F o t o g r a f i

Tidak ada komentar:

Posting Komentar