Rabu, 27 Maret 2013

Mana yang anda pilih USM Motor atau non USM ?

USM merupakan singkatan / kepanjangan dari Ultra Sonic Motor. Banyak sekali ukuran lensa yang sudah memakai teknologi ini. Sebagai contoh : canon fix 50mm f/1.4 USM


Sebenarnya apa sih keunggulan dari lensa yang memakai teknologi ini ?
USM merupakan salah satu teknologi motor penggerak lensa yang diciptakan oleh produsen canon. Keunggulannya sendiri salah satunya adalah focussing pada lensa dilakukan dengan suara yang tidak berisik, kemudian focussing juga didapatkan lebih cepat dari lensa yang belum menggunakan teknologi USM.

Dari sisi finansial / harga lensa yang memakai teknologi ini ( USM ) biasanya lebih mahal dibanding dengan lensa yang non USM.

Kalo kita lihat setiap teknologi ada keunggulan pasti ada juga kekurangannya. Lalu apakah kekurangannya lensa yang memakai teknologi USM itu ?
Kekurangan yang saya ketahui dari jenis lensa yang memakai teknologi USM ini salah satunya adalah rata - rata berat dari lensa ini lebih berat ketimbang lensa yang non USM, kemudian biaya perawatan / service lebih mahal sparepartnya ( bandingkan saja jika lensa dengan ukuran 75-300mm USM rusak motornya maka bianya servicenya max bisa sampai 800rb, sedangkan yang non USM max biaya service cuma 350rb )

Jadi manakah lensa yang menurut anda cocok untuk digunakan ?
silahkan pilih dan tentukan sendiri jenisnya.
just share..

semoga bermanfaat,
OS | F o t o g r a f i

Tidak ada komentar:

Posting Komentar