Kamis, 30 Mei 2013

Beberapa hal penting untuk melindungi kamera anda

Kamera DSLR merupakan instrumen presisi yang sangat penting. Oleh karena itu kita sebagai pengguna / pemiliknya jangan sekali kali meletakan atau menyimpan dengan sembarangan. Berikut beberapa hal sepele yang sering kita abaikan padahal penting untuk dilakukan.

- Kamera DSLR anda bukan jenis waterproof / tahan cipratan air dan tidak dapat digunakan pada underwater jangan sesekali menggunakannya. Jika terjadi kecelakaan (kamera anda terjebur kedalam air) hal yang paling utama adalah segera bawa kamera anda ke service center terdekat. Jika hal itu belum memungkinkan, bersihkan terlebih dahulu semua air yang nampak pada kamera dengan lap yang kering, Namun jika kamera anda terjebur kedalam air laut (asin) bersihkan kamera anda dengan menggunakan lap yang sedikit basah.

- Jangan pernah meninggalkan / menyimpan kamera anda berdekatan dengan magnet atau dynamo serta antena yang memancarkan gelombang radio, karena dapat mengakibatkan data foto rusak bahkan kamera anda bisa sampai rusak
 
- Jangan pernah tinggalkan / menyimpan kamera anda pada suhu yang panas seperti didalam bagasi mobil yang langsung terkena sinar matahari. Temperatur suhu yang tinggi dapat menyebabkan kamera anda tidak berfungsi sementara bahkan seterusnya.

- Kamera DSLR anda terdiri dari presisisirkuit elektronik. Jangan coba coba membuka / mereparasinya sendiri tanpa mempunyai keahlian yang khusus. 

- Gunakan blower khusus untuk membersihkan debu yang menempel pada lensa, viewfinder, mirror, dan focusing screen. Jangan pernah menggunakan permbersih / cleaner yang berisi / mengandung larutan organic untuk membersihkan kamera atau lensa anda.
 
- Jangan pernah menyentuh elektrik kamera dengan tangan anda yang berkeringat untuk menjaga korosi / berkaratnya bagian ini. Korosi / karat dapat menyebabkan kamera anda tidak bisa digunakan.

- Gunakan tas pelindung kamera (sealed bag) sebelum memasukannya kedalam tas kamera anda untuk mencegah perubahan temperatur dari dingin ke panas pada saa kamera akan digunakan.

- Jika kamera tidak akan digunakan pada waktu yang cukup lama usahakan lensa, batre, kartu memori dilepas saja. Kemudian tempatkan pada drybox dengan suhu yang tidak terlalu panas.


 Just shared
Semoga bermanfaat
OS | F o t o g r a f i

Tidak ada komentar:

Posting Komentar