Minggu, 02 Juni 2013

BASIC SHOOTING pada kamera canon

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit tentang beberapa menu ( Basic shooting ) yang terdapat dalam kamera canon. Kemudian bagaimana menggunakan mode yang terdapat pada basic shooting untuk menghasilkan karya terbaik.

Dengan mode basic shooting yang bisa user / fotografer lakukan hanyalah sekedar shoot dan kamera segalanya akan diset secara otomatis. Juga untuk menjaga rusaknya hasil gambar yang didapat ( hasil foto tidak sesuai yang diinginkan ), maka pada mode basic shooting ini user tidak dapat mengubah setting k amera. Dalam mode basic shooting ini lighting ( Flash ) akan membuka secara otomatis untuk memperoleh pencahayaan yang optimum.

 gbr sumbernya dari google
Berikut mode Basic shooting beserta cara menggunakannya untuk menghasilkan foto yang bagus / terbaik.

1. FULL AUTO
  • Set  mode dial ke full auto
  • Tujukan AF point kepada subject yang akan anda ambil, seluruh AF points akan digunakan oleh kamera agar focus dan pada umumnya objek terdekat akan lebih focus. AF point yang terdapat di tengah akan membuat lebih focus pada subject.
  • Focus pada subjek, tekan shutter button / rana kamera hanya setengah saja untuk mendapatkan focus. Titik yang terdapat didalam AF points akan mencapai focus ketika berwarna merah (nampak pada viewfinder) dan berbunyi. Jika dirasa pencahayaan kurang, maka flash internal kamera akan terbuka secara otomatis. Jika anda hendak mematikan flash internal ini, anda tinggal menekannya saja.
  • Ambil gambar, tekan shutter button / rana kamera secara penuh untuk mengambil gambar. Gambar yang kita ambil akan nampak pada LCD kamera anda, segera lakukan koreksi foto apakah sudah sesuai dengan keinginan anda atau belum. 
konfirmasi  focus berbunyi dan lampu nyala tetapi focus tidak tercapai (foto blur), maka yang mesti anda lakukan adalah anda menjauh sedikit demi sedikit terhadap objek yang akan anda ambil. Pada mode full auto ketika anda menekan shutter button setengah maka focus akan terkunci (ini dinamakan dengan focus lock). Focus lock dapat dirubah dengan cara anda mencari lagi objek yang akan diambil kemudian tekan rana kamera setengahnya saja.

2. POTRAITS
Pada mode ini akan tercipta sebuah foto yang mengagumkan, dimana background akan lebih terlihat blur sementara subjeck foto akan terlihat lebih tajam / jelas.
tips shooting menghasilkan foto bokeh / blur
- untuk memberikan kesan semakin jauh (blur) antara background dan subjeck maka jarak pengambilan foto jangan terlalu dekat antara subjek dan background
- gunakan lensa telephoto
- focus pada wajah. cek AF point focusnya harus pada area wajah.

3. LANDSCAPES
Gunakan mode landscape mode untuk menghasilkan foto pemandangan yang luas, pemandangan diwaktu malam atau segala sesuatu untuk menghasilkan focus dari jarak yang dekat ke jarak yang jauh. Warna hijau dan biru akan lebih vivid dan tajam dibandingkan anda menggunakan mode full auto.
tips shooting menghasilkan foto landscape yang indah
- gunakan lensa zoom pada wide angle end. ketika anda menggunakan lensa zoom pada posisi wide angle end, objek foto akan nampak dekat dan focus akan lebih bagus juga akan menambah luasnya pemandangan daripada menggunakan lensa telephoto end.
- jika anda hendak mengambil foto pemandangan pada waktu malam hari, disarankan tidak menggunakan flash internal. Gunakan tripod untuk mencegah kamera anda bergetar dari gerakan tangan anda.

4. CLOSE - UPS
Ketika anda hendak menginginkan mengambil foto bunga atau segala sesuatu yang kecil menjadi nampak lebih dekat, maka gunakan mode ini. Juga untuk mengambil foto yang nampak kecil supaya terlihat lebih lebar. Untuk menggunakan mode ini anda harus memeriksa jarak minimum focusing lensanya (jika anda mengunakan lensa kit / lensa standart bawaan waktu anda membeli kamera.
tips shooting menghasilkan foto makro
- gunakan background yang simpel saja. karena jika anda mengunakan background yang sederhana akan menghasil subjek foto yang lebih tajam.
- pindahkan subjek sedekat mungkin ke kamera anda jika memungkinkan. sebelum melakukannya cek terlebih dahulu minimum focusing lensa anda. beberapa lensa kit ada yang mempunyai jarak focus 0.25m/0.8ft. Jika anda terlalu dekat dengan subjek yang akan diambil, maka konfirmasi fokus akan meyala dan berkedip dan gambar yang dihasilkan akan nampak gelap. menjauhlah sedikit demi sedikit untuk menghasilkan foto yang terbaik. jika anda mengambil subjek pada pencahayaan yang low light / kurang cahaya maka internal flash akan terbuka secara otomatis.
- gunakan lensa zoom pada posisi telephoto end.

5. MOVING SUBJECTS / SPORT
Untuk menghasilkan foto yang bagus ketika subjek bergerak, maka gunakan mode moving subjects / sport. Entah itu mobil yang sedang bergerak, anak yang sedang lari atau apapun yang sifatnya subjek yang mau diambil tidak diam melainkan sedang beraktivitas / sedang bergerak.
tips shooting menghasilkan foto bergerak / sport
- gunakan lensa tele. menggunakan lensa tele untuk mengambil foto yang bergerak / sport sangat direkomendasikan sebab dengan lensa tele kita bisa mengambil foto dari titik terjauh tempat kita berada.
- gunakan AF points untuk focusing. tujuan dari center AF point adalah agar subjek foto terlihat lebih focus. tekan rana setengah dulu kemudian setelah focus tekan penuh rana. selama autofocus sedang berjalan, suara beep autofocus akan terus menyala, jika focus tidak didapat maka lampu konfirmasi akan menyala berkedip.

6. NIGHT PORTRAIT
Untuk mengambil foto seseorang pada waktu malam hari, dan menginginkan dengan hasil yang netral maka gunakan mode night portrait ini.
tips shooting menghasilkan foto malam hari lebih netral
- gunakan wide angle dan gunakan tripod. ketika kita menggunakan lensa zoom gunakan wide angle lensa untuk memperoleh view malam yang luas serta terlihat netral. Jangan lupa gunakan tripod untuk menghindari kamera anda dari goncangan / getaran tangan.
- jaga jarak subjek yang akan kita ambil antara 5 meter / 16.4 feet dari kamera. dalam pencahayaan yang kurang / low light flash internal akan terbuka secara otomatis untuk memperoleh exposeure yang bagus pada foto anda. flash internal anda akan efektif pada jarak tersebut.

7. FLASH OFF / DISABLING FLASH
Jika anda berapa pada tempat dimana flash kamera dilarang untuk dinyalakan maka anda bisa menggunakan mode flash off mode. mode ini juga sangat efektif untuk acara candlelight  ketika anda ingin mengabadikan moment tersebut.


Just shared.
semoga bermanfaat.
OS |  F o t o g r a f i

5 komentar:

  1. "Titik yang terdapat didalam AF points akan mencapai focus ketika berwarna merah (nampak pada viewfinder) dan berbunyi." pada canon 50d saya ketika mencapai fokus titik merah tidak muncul, kenapa ya, baru beli lewat online soalnya, apa bisa dibetulkan ( tapi tidak mempengaruhi hasil, cuma ga enak, biasanya ada keluar titk merah)

    BalasHapus
  2. untuk sarannya perihal kasus saya bisa minta tolong diiemail ke : yudi_ananta2000@yahoo.com, terima kasih

    BalasHapus
  3. silahkan di cek emailnya buat yudi Ananta.Thanks..

    BalasHapus
  4. Untuk sementara coba anda lakukan hal berikut:

    Hidupkan kamera anda
    Pilih menu
    Pilih clear settings
    Kemudian tekan SET
    Pilih celar all camera settings dan clear all custom func (C. Fn)
    Selesai

    Good luck,

    semoga bermanfaat

    BalasHapus
  5. Terima Kasih gan buat infonya...
    Kamera saya sudah sembuh karena mengikuti instruksi itu...
    Sippppp

    BalasHapus